Selasa, 15 Mei 2012

Galena









Lokasi : Anreapi – Binuang (Polman), Karossa – Topoyo – Kalumpang(Mamuju), Messawa – Sumarorong (Mamasa), Tikke – Dapurang (Matra)





Luas : Range dari daerah terkecil – terbesar adalah : 3.900 Ha – 5.000 Ha






Potensi Sumber Daya : 1.500.000 Ton






Kadar rata—rata 50 - 70 %






Genesa : Pada umumnya dijumpai berasosiasi dengan Cu (tembaga). Terjadi karena proses hydrothermal suhu rendah dengan type endapan pengisian rongga ( Cavity filling ) dan alih tempat (Replacement ).






Sumber data : Survey dan Pemetaan Bahan Galian Logam Kab. Mamuju, Distamben Sulbar & CV. Citra Multicon, 2008. Data KP Distamben Kab.Polman,2009. Wilayah Eksplorasi/Data Pengelolaan Pertambangan dan Mineral, Oleh Dinas PSDM. Prov. Sulawesi Barat, 2009.


Keterangan:






Cebakan vahan galian mineral logam yany terdapat di Provinsi Sulawesi Barat terdapat di Kab. Polman dan Mamuju. Di Kab. Polman vahan galian ini tersebar di beberapa Kecamatan antara lain, di Kecamatan Tapango, Anreapi dan Matakali. bahan galian di daerah ini telah ditambang oleh oleh PT. Inti Karya Polman dan PT. Isco Polman Resources. Di Kabupaten Mamuju cebakan galena terdapat di daerah Kecamatan Senjango Kecamatan Karossa, dijumpai bersama mineral logam dasar lainnya.